Install Pligg di Spanel

pligg

Kesempatan kali ini sebelum istirahat malam, saya akan share bagaimana installasi Pligg yang mana tempo hari ada yang ingin dibantu installasi CMS Pligg, saya sendiri belum pernah tapi tetap dibantu karena dilihat gak terlalu sulit dari requitmentnya apa saja yang harus dilakukan. Baik langsung saja, silakan Anda download installer Pligg tersebut disite resminya disini:

http://pligg.com/download/

Bila sudah didownload silakan Anda upload pada hosting spanel Anda langsung didocument rootnya (sites/namadomain.com/www) dan langsung Anda ekstrak karena masih berupa file kompresan (.zip) , hasil ekstrak akan keluar folder dengan nama Pligg, jika ingin di install langsung didocument rootnya agar bisa diakses langsung dengan nama domainnya, silakan Anda move semua file/folder yang berada didalam/dibawah folder Pligg tersebut ke document rootnya.

Sebelum memulai installasi via browser, seperti halnya intallasi CMS pada umumnya, silakan Anda buat database dahulu hosting spanel Anda.
Login spanel => database => mysql => tambah database.
tetukan nama, user dan password databasenya. Bila sudah tercreate databasenya , installasi via browser bisa dilakukan.

Bila hal diatas sudah dilakukan, silakan Anda buka browser dan akses site/domain Anda , pertama kali akan menampilkan warning seperti screenshoot disamping. Dan lakukan 4 langkah seperti yang diinstruksikan pada screenshoot tersebut, diantaranya:
1. Rename file /settings.php.default menjadi settings.php dan set permissionnya menjadi writetable (775).
2. Rename file /libs/dbconnect.php.default menjadi dbconnect.php dan set permissionnya menjadi writetable (775).
3. Set permission pada folder /cache/templates_c ke writetable (775).
4. Set permission pada folder /cache ke writetable (775). Dan satu lagi tambahan.
5. Set permission pada folder /languages ke writetable (775). (khusus yg ini set writetable centang menu rekursif saat set permission)

pligg2 Jika hal diatas sudah dilakukan, refresh browser kembali, maka akan tampil seperti screenshoot disamping. Silakan Anda klik link dengan tulisan “Pligg Installer?”, setelah itu tentukan bahasanya dan lanjut terus hingga pengisian database, silakan Anda isi sesuai nama, user dan password database yang Anda buat, silakan lanjut nanti akan ada form lagi untuk menentukan akses adminnya, setelah itu selesai silakan Anda rename atau hapus folder /install setelah itu silakan Anda akses situs Anda, Pligg sudah tampil silakan Anda setting lainnya.

Demikian Sharenya, met istirahat ;)

Leave a Reply