Bismillah.. semoga postingan kali ini disertai rahmat dan berkah Allah SWT.
Reff Mubaligh: Harry Santosa.
Pendidikan dalam Islam itu meliputi 3 hal, yaitu tarbiyah, ta’dib dan ta’lim.
Tarbiyah itu merawat dan menumbuhkan fitrah, Ta’dib itu memuliakan atau menanamkan adab, sedangkan Ta’lim itu mengajarkan Ilmu (Kitab dan Hikmah).
Urutannya tentu Tarbiyah dan Ta’dib, baru kemudian Ta’lim. Dalam bahasan alQuran disebut Tazkiyah sebelum Ta’lim (QS 62:2), atau Fitrah dan Adab sebelum Ilmu.
Sejatinya Fitrah, Adab dan Ilmu itu amanah orangtua. Pesantren atau Lembaga melanjutkan dan menuntaskan Adab dan Ilmu.
Fitrah itu sendiri meliputi 8 aspek, yang harus tumbuh seiring dan selaras.
Jika hari ini kita jumpai ada orang pandai agama tetapi tak punya ghirah berdakwah (menyeru kebenaran), ibadahnya mekanistik, tak innovatif walau ilmunya banyak, galau jadi ayah atau ibu, kehidupan rumahtangga tak harmonis atau penyimpangan seksualitas, ego nya tak selesai (egois atau peragu atau kurang pede), tak tahu bakatnya atau tak berkembang menjadi bisnis yg baik atau tak punya karya solutif, sibuk utk kepentingan dirinya bukan utk masyarakatnya, pola makan, pola bersih dan pola geraknya buruk, tak dewasa dan tak berani mengambil tanggungjawab di masyarakat dll, itu semua karena ada fitrah2 yg tak ditumbuhkan sebelumnya.
Jadi misalnya jika anak ingin jadi ahli Quran atau ahli Hadits, sementara kita tak tahu ilmunya, tentu boleh dititipkan pada Ulama untuk diajarkan ilmu dan adabnya, tetapi membuat anak jatuh cinta alQuran, pada Rasulullah SAW, pada Sahabatnya, pada Ilmu dan Ulama dll, itu kewajiban orangtuanya.
Bayangkan jika fitrah dan adab belum tumbuh, lalu kemudian dititipkan atau dikirim ke pesantren atau lembaga pendidikan?
Bukankah kita zhalim baik kepada anak kita, kepada ustadz dan ustadzah yang harus “cuci piring” dan juga pada masyarakat apabila kelak menjadi beban peradaban tanpa peran peradaban?
Bukankah itu ibarat “adonan belum mengembang, lalu kita masukkan ke oven”? Jelas bantet!
#fitrahbasededucation #fitrahbasedlife
Reff: