Manusia dikaruniai Fitrah yang baik sejak di alam rahim

mission of lif

Bismillah.. semoga postingan kali ini disertai rahmat dan berkah Allah SWT.
Reff Mubaligh: Harry Santosa.

Manusia dikaruniai Fitrah yang baik sejak di alam rahiem (QS 7:172). Kepada jiwa manusialah fitrah itu diinstal.

Mungkin kita tak menyadarinya namun merasakannya dan membutuhkannya.

Maka sepanjang kehidupan kita di dunia, kita diminta untuk senantiasa tetap pada fitrah Allah itu dengan selalu mensucikan jiwa (tazkiyatunnafs) agar mencapai bahagia abadi di dunia dan di akhirat

Jiwa adalah tempat dimana fitrah itu telah diinstal dan tak takkan berubah selamanya, kecuali karena manusia gegabah lebay atau lalai sehingga tersimpangkan atau tak tumbuh paripurna.

Sepanjang manusia hidup dalam fitrahNya maka sesungguhnya ia akan selalu dan semakin berbahagia baik di dunia maupun ketika berjumpa kepada Sang Pemilik Fitrah itu, Allah SWT.

Maka pastikanlah agar ke 8 aspek fitrah ini terpenuhi dan terpuaskan kebahagiaannya dengan baik agar kita memperoleh kehidupan yang baik dan bahagia (a good life based on fitrah)

Lakukan Muhasabah untuk mengevaluasi ke 8 aspek fitrah ini, lalu galilah penyebabnya jika tak bahagia atau tak tumbuh sesuai tahapan perkembangan kedewasaannya.

Pertemuan ke 8 aspek fitrah itu disebut “The Sweet Spot” atau Titik Bahagia yang sempurna

MIsi Hidup

Semakin fitrah itu tumbuh baik, semakin bahagia dan semakin mudahlah kita menemukan peran kita di dunia (the mission of life).

Semakin kita menyimpang dari 8 aspek fitrah, maka semakin sulitlah mencapai kebahagiaan dan semakin sulit menemukan peran spesifik di dunia kemudian pada akhirnya kita tak bermakna dalam kehidupan.

Misi Hidup bukan hanya tentang peran atas fitrah bakat atau peran atas fitrah keimanan, ia pun harus mencakup semua peran atas semua aspek fitrah, meliputi fitrah belajar, fitrah estetika, fitrah sosial, fitrah jasmani dstnya,

Perhatikan gambar ke 3, bahwa Misi Hidup adalah paduan semua peran dalam kehidupan selaras dengan setiap aspek fitrah manusia itu sendiri.

Salam Pendidikan Peradaban

#fitrahbasedlife #fitrahbaseeducation #pendidikanberbasisfitrah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.