Find Your Calling/Find Your Mission of Life based on Fitrah

Bismillah.. semoga postingan kali ini disertai rahmat dan berkah Allah SWT.
Reff Mubaligh: Harry Santosa.

Find Your Calling/Find Your Mission of Life based on Fitrah

Hidup kita bukan kebetulan, Hidup itu penugasan, Hidup itu menunaikan Tugas
Bahkan para Nabipun menerima penugasan berupa Tugas atau Misi Kenabian
Bahkan semestapun menerima penugasan, beredar pada garis edarnya masing masing
Kullun fii falakin yasbahuun

Hidup itu tentang usaha menunaikan Tugas Spesifik di dunia
Dalam pandangan peradaban, tugas spesifik itu disebut Peran Peradaban (Daurul Hadhoriyah)
Dalam pandangan dunia modern, tugas spesifik kita disebut The Mission of Life

Setiap manusia punya penugasan, punya The Mission of Life, itulah alasan kehadiran kita di dunia
The Mission of Life itulah Our Calling atau Panggilan hidup kita di dunia
Panggilan hidup itu terasa jelas memanggil manggil bagi mereka yang bening dan jernih hati dan fitrahnya

Syarat menemukan Our Calling, cuma satu, Jujur pada nurani, jujur pada suara hati nurani
Agar jujur maka suara hati nurani itu harus berangkat dari jiwa yang senantiasa berusaha suci, maka lakukan Tazkiyatunnafs
Tazkiyatunnafs itu Mu’ahadah, Muroqobah, Muhasabah, Mujahadah, Mu’aqobah

Mu’ahadah adalah mengenang kembali janji janji dan syahadah kita kpd Allah SWT, juga merenungkan maksud kita diciptakan
Muroqobah adalah mendekat kpd Allah SWT agar diberikan qoulan sadida, qoulan karima dstnya shg memantapkan hati dan langkah
Muhasabah adalah mengukur (ihtisab) semua kondisi, potensi dan karakter diri serta semua aktifitas saat ini secara tepat dan mendalam
Mu’aqobah adalah menerima konsekuensi atas kelalaian masa lalu dan siap memperbaiki
Mujahadah adalah sungguh sungguh menemukan jalan dan menempuhnya dengan keberanian (hijrah atau dare to transform)

Seiring dengan Tazkiyatunnafs itu maka semua aspek fitrah akan merekah kembali
Diharapkan misi hidup mulai terpampang di depan mata
Misi hidup kita adalah paduan semua peran dan gairah yang tumbuh dari semua aspek fitrah

Misi hidup kita, terkandung di dalamnya peran menyeru kebenaran dan menegakkan kalimatullah, gairah pantang menyerah melakukan perubahan yang Allah ridha (da’iyah/changemaker). Peran dan gairah ini berangkat dari aspek fitrah keimanan (faith n believe).

Misi hidup kita, terkandung di dalamnya peran melakukan inovasi dan penemuan baru (innovator dan inventor), gairah inovasi tiada henti melakukan mubasyaroh (ulilalbab/inventor n innovator) terhadap alam semesta dan terhadap diri. Peran dan gairah ini berangkat dari aspek fitrah belajar dan bernalar (learn n logic)

Misi hidup kita, juga terkandung di dalamnya peran profesi atau keahlian pada sebuah bidang kehidupan spt pertanian, akademis, pendidikan, kesehatan dstnya, gairah menemukan karya solutif (bashiro wa nadziro/solution maker and problem solver) dalam bidang kehidupan yang menjadi minatnya. Peran dan gairah ini berangkat dari aspek fitrah bakat (talents).

Misi hidup kita, juga terkandung di dalamnya peran keayahbundaan dan mendidik generasi, gairah membangun misi keluarga dan mendidik anak dan pasangan, menjalin hubungan dan relasi cinta yang dekat dengan anak dan pasangan serta melanjutkan misi keluarga pada anak dan keturunan (educator, family mission and regeneration builder). Peran dan gairah ini berangkat dari fitrah seksualitas (sexuality).

Misi hidup kita, juga terkandung di dalamnya peran mengharmonikan dan mendamaikan dunia dan melestarikan alam (peace maker), gairah dan apresiasi pada harmoni keindahan (harmonizer) dan desain (designer) termasuk gairah membangun narasi narasi indah peradaban lewat tutur dan media ekspresi lainnya, bukan hanya fungsional dan formal teknis. Peran dan gairah ini berangkat dari fitrah estetika dan bahasa (aesthetic n language).

Misi hidup kita, juga terkandung di dalamnya peran memimpin dan terpimpin (social collaboration maker), gairah untuk menjadi leader sekaligus follower (collaborative leadership), gairah berbagi sekaligus menerima, gairah berkolaborasi dan berjejaring sosial serta membangun gerakan sosial (social movement maker). Peran ini berangkat dari fitrah individualitas dan sosialitas (individuality n sociality)

Misi hidup kita, juga terkandung di dalamnya peran terkait kesehatan dan kebugaran serta kebersihan fisik (health n strength) unruk mendukung peran atas fitrah lainnya, gairah untuk hidup lebih sehat dan seimbang, lebih bersih, lebih bergerak alamiah, lebih banyak makan makanan alami, gairah membangun lingkungan yang bersih dan sehat. Peran dan gairah ini berangkat dari fitrah jasmani.

Dari semua paduan peran itulah Tugas kita dirancang. Tidak ada satupun peran di atas yang dibenturkan satu sama lain atau dilupakan atau dihilangkan dalam merancang hidup kita dan kemudian menemukan misi hidup kita. Kurangnya satu atau lebih dari peran dan gairah atas fitrah di atas akan berujung pada misi hidup yang tak seimbang.

Salam Pendidikan Peradaban

#fitrahbasededucation
#pendidikanberbasisfitrah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.