Bismillah… Semoga postingan kali ini disertai rahmat dan berkah Allah SWT.
Tempo hari mendapatkan kasus pada salah satu customer yang mana dalam penginputan data disalah satu link aplikasinya tidak berhasil menginput form yang ke databases, yang mana hasilnya hanya loading saja dan berujung pesan error dibrowser hanya tulisan “502 – Bad Gateway” yang padahal diketahui server sudah menggunakan dedicated atau exclude hosting dengan menggunakan control panel plesk , kami mengira seputar settingan atau configuration yang bisa dilakukan pada panel plesk namun kami mencoba fix sesuai petunjuk yang kami dapat dari hasil search yang dirujuk pada link knowledge plesk seperti support.plesk.com belum membuahkan hasil.
Kami cek lebih dalam merujuk pada error log httpd pada path vhost dimana aplikasi berada, terdapat pesan error yang menuliskan;
2019/10/21 15:35:58 [error] 25775#0: *25427 upstream sent too big header while reading response header from upstream, client: 192.168.00.11, server: xx.xxxxxx.org, request: “GET /xxxxxx/masuk HTTP/1.1”, upstream: “http://xx.xx.xx.xx:7080/xxx/in”, host: “xxxx.xxxxx.org”, referrer: “http://xxxx.xxxxx.org/xxxxxxx/form/xxxxx”
lalu kami search sesuai sebagian keyword pesan error diatasdan akhirnya menemukan suatu percakapan diurl talk.plesk.com yang mengatakan;
But finally I resolved my upstream problem not with changing the fastcgi settings but with changing it to exactly this settings:
proxy_buffering on;
proxy_buffer_size 128k;
proxy_buffers 4 256k;
proxy_busy_buffers_size 256k;
I created a .conf file just for this and in /etc/nginx/conf.d
lalu kami mencoba dengan membuat file sembarang misal /etc/nginx/conf.d/buffer_proxy.conf dengan mengisikan baris diatas, lalu setelah restart service nginx dan alhasil percoba input form pada aplikasi berhasil.
Demikian sharing kali ini, semoga bermanfaat ya,