- ODOS

🌴🌴🌴 🐫🐫🐫 🌴🌴🌴  🌍ONE DAY ONE SIRAH 🌍  🌀  MATERI 11.  JILID 1 🌀

🌷*Nenek Moyang Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم * 🌷
Salah seorang nenek moyang Nabi Muhammad bernama Hasyim bin Abdul Manaf. Ia adalah pemuka masyarakat dan orang yang berkecukupan. Masyarakat Mekah mematuhi dan menghormatinya.
“Wahai penduduk Mekah, aku membagi perjalanan kalian menurut musim. Jika musim dingin tiba, pergilah berdagang ke Yaman yang hangat. Jika musim panas, giliran kalian pergi ke Syam yang sejuk!” demikian keputusan Hasyim.
Hasyim tambah disayangi penduduk Mekah karena pada suatu musim kemarau yang mencekam, ia pernah membawa persediaan makanan dari tempat yang jauh. Padahal, saat itu makanan amat sulit didapat.
“Terima kasih, wahai Hasyim! Engkau menolong kami dengan pemberian makanan ini!” seru penduduk Mekah. 
Di bawah kepemimpinan Hasyim, Mekah berkembang menjadi pusat perdagangan yang makmur. Pasar-pasar didirikan sebagai tempat berniaga kafilah-kafilah dagang yang datang dan pergi silih berganti , baik pada musim panas maupun pada musim dingin. Demikian pandainya penduduk Mekah berdagang, sampai-sampai tidak ada pihak lain yang mampu menyaingi mereka.
Akan tetapi, di samping kemajuan yang besar itu, masyarakat Arab juga mengalami kemunduran luar biasa. Itulah sebabnya mereka dijuluki masyarakat jahiliah alias masyarakat yang diliputi kebodohan. Itulah juga sebabnya sampai Allah mengutus rasul terakhir-Nya di tempat ini.
Sahabat fillahku, apa saja yang dilakukan bangsa Arab saat itu sehingga mereka dijuluki “masyarakat jahiliah

📝Catatan tambahan 📝 

*Pembagian Urusan*
Beberapa jabatan pemerintahan di Mekah di antaranya: _Hijabah_ : Pemegang kunci Ka’bah, _Siqayah_ : Penyedia air dan makanan buat para peziarah, _Rifadah_ : Mengatur pembagian dana dari orang kaya untuk fakir miskin, _Qiyadah_ : Mengatur urusan peperangan. 

🍀Kisah ini diambil dari Buku Muhammad Teladanku penerbit : Sygma 🍀

➡ Materi 11  Jilid 1⬅ 

🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷🌷
🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

About umminya barudak

Read All Posts By umminya barudak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.