Sebagian tips jika PC/Laptop kerja Anda yang menggunakan OS linux mint jika load mulai terasa berat

Assalamualaikum,, sobat, semoga hingga saat ini dan hari2 kedepan selalu dalam rahmat dan berkah Allah SWT, Aamiinn.. Beberapa waktu lalu, mendapatkan kinerja laptop kerja terasa patah patah alias agak berat, khususnya pada resource RAM yang terpakai habis untuk aktivitas atau load saat bekerja. Hasil dari googling dari beberapa petunjuk yang ditemukan saya coba untuk lakukan dua hal dari asumsi petunjuk jika RAM pada laptop diatas 1 – 4 GB atau lebih  , yaitu untuk setting swappiness dan cache inode, langkahnya:

Caranya edit file /etc/sysctl.conf dengan nano atau vim tergantung sobat familiar dengan yang mana, pertama untuk setting swappiness yang sebelumnya 60 menjadi 10 dengan menambahkan baris vm.swappiness=10 , lalu kedua untuk setting cache inode dengan menambahkan baris vm.vfs_cache_pressure=50 , jangan lupa save/simpan baris keduanya tadi sehingga sudah ada pada /etc/sysctl.conf , agar berjalan Anda bisa update dengan command “sysctl” (tanpa tandaa petik)”, mungkin agar lebih pasti boleh dengan mereboot PC/laptop Anda, setelah itu perhatikan hasilnya.

Nilai parameter yang disetel ke “60” berarti kernel Anda akan bertukar ketika RAM mencapai kapasitas 40%. Setting ke “100” berarti kernel anda akan mencoba menukar semuanya. Setting ke 10 (seperti yang saya lakukan pada tutorial ini) berarti swap akan digunakan saat RAM penuh 90%, jadi jika Anda memiliki cukup memori RAM, ini bisa menjadi pilihan yang aman yang akan dengan mudah memperbaiki kinerja sistem Anda.

Demikian sharenya, semoga bermanfaat,

Wasalamualaikum,,

Leave a Reply