Remote database pada share hosting (Spanel) menggunakan navicat.

Karena terpikir dahulu pernah menggunakan aplikasi Navicat untuk remote database diPC lokal, pada kesempatan kali ini akan saya implementasikan jika remote database dilakukan bila kita memiliki hosting dan kebetulan  hosting yang akan saya gunakan ialah hosting yang menggunakan kontrol panel Spanel yang mana hosting dari penyedia layanan jasa hosting dan domain yaitu masterweb , perlu diketahui tidak semua hosting mengaktifkan fitur remote database diservernya, biasanya bisa diizinkan diaktifkan pada paket paket hosting tertentu, mungkin Anda bisa tanyakan dahulu sebelum order pada provider penyedia jasa hosting/domain tersebut paket hosting apa yang terdapat fitur remote databasenya. Ok kita mulai saja, tentunya untuk memulainya point yang sudah dilakukan adalah:

1. PC/Lapie kerja Anda sudah terinstall Navicat Lite, kita pakai yang freenya saja, bisa didownload pada link website resminya.

2. Sudah create database di hosting Spanel Anda.

bila dua point diatas sudah dilakukan, silakan Anda memberikan izin koneksi yang Anda gunakan untuk meremote database dengan memasukan IP koneksi Anda di Spanel, untuk memastikan IP koneksi Anda mungkin bisa dicek pada salah satu situs whatmyip. Cara memasukan IPnya silakan login ke Spanel => Database => Mysql, lihat gambar:

Pada tanda yang dilingkari merah silakan Anda Klik, dan berikutnya akan muncul menu pada gambar berikut:

Pada tanda yang dilingkari merah, silakan Anda isikan dengan IP koneksi yang Anda gunakan. Jika diSpanel sudah diset seperti yang diatas, silakan Anda buka aplikasi Navicat Lite Anda diPC/Lapie Anda dan buka menu connection, lihat pada gambar:

Pada tanda yang dilingkari merah tentunya Anda sudah mendapat gambaran, silakan pada kolom berikut Anda isikan:
Hostname/IP Adress: namadomain.com atau IP address hosting Anda.
Username: username database
Passeword: password db

sudah pasti jika hal hal diatas  dilakukan dengan benar, pasti akan berhasil remote/masuk kedatabasenya, hasilnya akan terlihat seperti ini:

OK selesai silakan Anda mencobanya.

Leave a Reply