Petanda segera upgrade ke linuxmint Sonya

Assalamualaikum Wr Wb, selamat pagi, semoga Akhi dan Ukhti sekalian hingga hari ini masih dalam rahmat dan berkah Allah SWT, sebelumnya taqoballahu minna waminkum ya, mohon maaf lahir dan batin, semoga ibadah selamat bulan Ramadhan kemarin mendapat Ridho Allah SWT dan kita dapat istiqomah dalam mempertahankannya. Baik, pagi hari ini saya ingin share, ketika lakukan update sistem kemarin lusa yang mana saya baru kembali bekerja selepas libur lebaran dan mudik, terdapat pesan error seperti tampilan diatas. Lalu saya coba googling mengenai problemnya ternyata seluruh petunjuk yang didapat, belum bisa membuahkan hasil. Saya mengira dari sisi repositorynya berdasarkan pesan error, lalu saya coba ganti ke alamat lain dari menu update manager, seperti pada tampilan berikut:

Terlihat pada Main dan Basenya saya arahkan ke repository pada alamat yang berbeda, yang sebelumnya secara default dari alamat luar, dan alhasil setelah diubah dapat melakukan update dengan baik tanpa error.

Namun berhubung baru baru masuk kerja dan traffic kerja masih belum padat, saya inisiatif langsung update system yang saat itu masih menggunakan Linuxmint Serena, lalu saya update menggunakan linuxmint Sonya, petunjuknya sama seperti pada postingan sebelumnya pada url berikut:

How to update linux mint 18 (sarah) to linux mint 18.1 (serena)

Silakan Anda ikuti petunjuk pada url tersebut yang mana persis sama yang saya lakukan untuk melakukan update ke linuxmint Sonya.

Hasilnya setelah lakukan proses update, reboot PC/laptop, bisa Anda lihat dengan command berikut, jika sudah terupdate akan tampil output info seperti ini:

$ cat /etc/linuxmint/info
RELEASE=18.2
CODENAME=sonya
EDITION=”Cinnamon 64-bit”
DESCRIPTION=”Linux Mint 18.2 Sonya”
DESKTOP=Gnome
TOOLKIT=GTK
NEW_FEATURES_URL=http://www.linuxmint.com/rel_sonya_cinnamon_whatsnew.php
RELEASE_NOTES_URL=http://www.linuxmint.com/rel_sonya_cinnamon.php
USER_GUIDE_URL=help:linuxmint
GRUB_TITLE=Linux Mint 18.2 Cinnamon 64-bit

Demikian sharingnya semoga dapat bermanfaat. Terima kasih..

Wassalamualaikum Wr Wb..

One thought on “Petanda segera upgrade ke linuxmint Sonya

  1. Pingback: Petanda segera upgrade ke linuxmint Sonya | dimaspramudia

Leave a Reply