Pendidikan Sejati

Bismillah.. semoga postingan kali ini disertai rahmat dan berkah Allah SWT.
Reff Mubaligh: Harry Santosa.

Sungguh kebanyakan kita tak pernah berhenti sejenak merenung apa sesungguhnya pendidikan sejati itu. Lalu kita tak pernah mengkaitkan pendidikan itu dengan sesuatu yang besar dan mulia yaitu alasan kehadiran kita di dunia atau peran peradaban generasi peradaban anak anak kita. Kita hanya mengekor dan ikut saja arus yang ada serta menerima begitu saja mindset pendidikan yang pernah kita alami walau kita menyadari keburukannya bahkan kita menanggung begitu banyak hutang lahir batin akibat pendidikan yang demikian itu.

Walhasil, kemudian kita kelak akan terkejut melihat betapa anak anak kita menjadi sangat lambat dewasa, belajar dan bersekolah tinggi hanya untuk prestise dan mencari pekerjaan semata, gairah belajar dan bernalar anak anak kita pupus dan tidak inovatif kecuali untuk sekedar mengais jabatan dan upah, mereka galau karena salah jurusan atau salah karir akibat bakat mereka tak pernah digali dan dikembangkan, sebagian lagi tak siap atau gagap menjadi ayah atau ibu yang baik bahkan ada yang terkena virus gay n lesbi, sebagian lagi sangat egois kekanak kanakan dan hanya memikirkan kesenangan dirinya, sebagian lagi berperangai ganda seperti rajin beribadah namun juga rajin korupsi dstnya.

Kalau sudah begitu kita mau menyalahkan siapa, kecuali kita tunjuk hidung kita sendiri!

Padahal kita tahu betul sejak kecil anak anak kita telah Allah karuniakan potensi fitrah yang sangat indah dan baik, yang apabila dirawat, ditumbuhkan dengan fokus sesuai fitrahnya itu maka hal hal di atas tak akan terjadi. Jika fitrah itu tumbuh paripurna, maka anak anak kita seharusnya punya peran peran peradaban yang hebat atas potensi fitrahnya itu yang kemudian mampu memberi sebanyak banyak manfaat, menebar rahmat, membawa berita gembira (solusi peradaban) bagi ummat sehingga menjadi adil dan beradablah peradaban.

Salam Pendidikan Peradaban

#fitrahbasededucation
#pendidikanberbasisfitrah

Reff:

Leave a Reply