How to upgrade Linux mint 17.3 to Linux mint 18 (Sarah)

yG6sXKQ Assalamualaikum Wr Wb, mudah2an Akhi dan Ukhti sekalian sehat walafiat, selalu dalam rahmat dan berkah Allah SWT, amin,, ya Rabbalalamin,,. Jum’at pagi tadi saya mencoba mengupgrade OS kembali laptop kerja saya yang tempo hari baru sempat upgrade Linux mint 17.1 ke 17.3 , kali ini saya akan mengupgrade ke Linux mint 18 “sarah”, jika lihat petunjuknya pada link resminya tidaklah sulit cukup menjalankan beberapa perintah yang step akhirnya tentu saja melakukan reboot PC/Laptop Anda untuk lihat hasil nyatanya setelah proses upgrade.

Baiklah langsung saja untuk memulainya silakan Anda jalan command berikut untuk installasi mintupgrade dengan command sebagai super user (root):

# apt-get install mintupgrade

Pastikan sudah sukses terinstall, lalu berikutnya silakan Anda jalankan command berikut, dilakukan sebagai user utama (tidak sebagai root), karena jika masih root akan diminta keluar dari root, commandnya:

$ mintupgrade check

Command tersebut nantinya akan menghasilkan output berikut:

Screenshot from 2016-08-19 11:17:21

Pastikan Anda memperhatikan prosesnya, karena hasil check diatas akan memperhitungkan apakah OS siap diupgrade atau nantinya akan ada notifikasi entah itu untuk mengupgrade salah satu package atau menghapus salah satu package terlebih dahulu sehingga bisa melanjutkan proses selanjutnya. Dari screenshut diatas dinyatakan sudah bisa untuk upgrade dan melanjutkan untuk menjalankan command berikut:

$ mintupgrade download

Command diatas untuk mendownload paket dari Linux mint 8, jika dalam proses Anda ingin membatalkan proses upgrade bisa menjalankan command mintupgrade restore-sources , karena memang untuk menuju proses selanjutnya Anda perlu menunggu lama, untuk itu Anda perlu menyiapkan waktu khusus. Kalau saya tadi untuk prosesnya saya tinggal sholat Jum’at dan istirahat sehingga tidak terlalu menunggu lama. Baiklah jika siap untuk melakukan installasi langkah akhir Anda jalankan command:

$ mintpugrade upgrade

Proses akhir ini yang membutuhkan waktu lama, untuk itu pastikan ada waktu khusus atau sambil Anda tinggalkan untuk mengerjakan hal lain.

Screenshot from 2016-08-19 11:40:35

Screenshot from 2016-08-19 12:47:13

Prosesnya membutuhkan waktu ber jam jam. Jika proses finish/selesai ketika lakukan reboot tidak menemukan kendala hingga muncul kembali ke desktop dengan tampilan start up berikut:

Screenshot from 2016-08-19 14-32-14

Semikian share pengalaman hari ini, selamat mencoba. :wink: ;)

2 thoughts on “How to upgrade Linux mint 17.3 to Linux mint 18 (Sarah)

  1. Pingback: Touchpad dimatikan pada panel setting (linux mint 18 “sarah”) | Blog Dimas

  2. Pingback: How to update linux mint 18 (sarah) to linux mint 18.1 (serena) | Blog Dimas

Leave a Reply