Beberapa profesi yang mungkin tergantikan teknologi

Assalamualaikum,, sobat semuanya, yang Allah rahmati dan berkahi, Aamiinn,, Di zaman sekarang ini, seiring perkembangan teknologi yang semakin maju kita dituntut untuk lebih efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan, beberapa profesi ini mulai tergantikan. Berikut perofesi yang kami rangkum dari beberapa sumber, bukan berarti tidak ada solusi yang sudah menjalaninya, berikut diantaranya:

  1. Ojek Pangkalan
    Kehadiran layanan ojek online seperti Go-Jek, Uber, Grab, menambah pilihan sarana transportasi umum menjadi banyak pilihan sehingga banyak opsi mudah yang ditawarkan bagi para calon penumpang. Bukan tidak ada dampak dengan hadirnya jasa online tersebut, diawal awal sering kali kita dengan pemberitaan bentrok atau keributan antara ojek online dan pangkalan, namun perlahan sepertinya larut dengan beralihnya ojek pangkalan menjadi ojek online.

  2. Media Cetak
    Sejumlah media cetak satu per satu menutup usahanya dan mulai beralih ke internet. Berkurangnya penggunaan kertas ditambah tuntutan untuk menyampaikan berita lebih cepat, sejumlah media cetak beralih ke media online yang berbasis internet. Akibatnya, reporter media cetak kehilangan pekerjaan seiring tutupnya perusahaan. Jika isi berita di koran adalah peristiwa kemarin maka berita media online adalah peristiwa yang baru saja terjadi beberapa menit atau jam yang lalu.

  3. Pengantar Koran
    Kemajuan internet juga membuat profesi pengantar koran tersisih. Sebab, orang tidak lagi membaca berita melalui koran tapi melalui media online yang berbasis internet. Selain lebih cepat, media online juga ramah lingkungan karena mengurangi kertas dan menahan laju pembabatan hutan.

  4. Agen Perjalanan
    Beberapa tahun lalu orang memesan tiket dengan mendatangi agen perjalanan. Kini dizaman yang akan menuju sistem digital payment kamu tak perlu lagi mendatangi agen perjalanan untuk memesan tiket pesawat, akomodasi, dan mencari lokasi tujuan berlibur. Sekarang memesan dan membayar tiket pesawat bisa dilakukan secara langsung dengan melalui maskapai penerbangan menggunakan internet. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan tarif tiket yang lebih murah.

  5. Tukang cuci foto
    Dahulu sebelum era fotografi digital lahir, di mana kamera masih menggunakan film, profesi ini laris manis. Profesi ini bisa bekerja dalam kamar gelap. Biasanya mereka menawarkan jasa melalui kios semi permanen atau gerobak yang disulap menjadi kamar gelap. Pelanggan adalah orang yang ingin mencetak pas foto. Tapi, sekarang zaman digital. Film kamera tak lagi dibutuhkan. Kini, mencetak foto lebih cepat dan warna lebih tajam.

  6. Kasir loket pembayaran.
    Kini di zaman era digital ini, kedepan jasa loket kasir pembayaran menjadi berkurang, karena dengan teknologi internet sudah dapat mudah melakukan pembayaran rutin rumah tangga, seperti tagihan listrik, air, pulsa, bahkah angsuran kredit sekalipun. Sudah ada beberapa aplikasi atau media online yang memanfaatkan teknologi ini sebagai layanan.

Demikian sharing sharingnya, semoga mendatangkan manfaat untuk sobat sekalian.

Terima kasih.

Wassalamualaikum..

One thought on “Beberapa profesi yang mungkin tergantikan teknologi

  1. Pingback: Beberapa profesi yang mungkin tergantikan teknologi | dimaspramudia

Leave a Reply