โ€‹🌴🐫 ONE DAY ONE SHIRAH🐫🌴MATERI ย 4โƒฃ JILID 1

ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡

Alhamdulillah Allah masih memberikan nikmat iman dan Islam bagi kita semua. 

Masih semangat kan baca ODOS nya?😊 

Mari kita lanjutkan kisah tentang  Rasulullah. 
🌷 KEBERANIAN NABI IBRAHIM 🌷
Sahabat fillahku, Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู

 ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู adalah salah satu nabi yang sangat berani menghadapi kaum yang sesat. Beliau tidak peduli mereka mengejek ajakannya.

Pada saat yang tepat, saat semua penduduk mengadakan pesta tahunan, Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู   mendatangi kuil dengan membawa kapak besar yang tajam.
Di dalam kuil, banyak sekali makanan untuk persembahan. Makanan itu masih utuh karena patung memang tidak bisa makan. Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู   ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู    hanya tersenyum mengingat kebodohan penduduk Negeri Babilonia (sekarang Irak).
Lantas, dengan tangkas, Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู   ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู     merobohkan semua patung-patung di dalam kuil, kecuali patung yang paling besar. Sebelum pergi, Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู  meninggalkan kapaknya di pundak patung paling besar.
Raja Namrud dan penduduk Babilonia sangat terkejut ketika mereka kembali dan melihat kuil tempat penyembahan mereka hancur.
“Siapa yang telah menganiaya tuhan-tuhan kita?!”teriak raja Namrud sangat marah. “Siapapun dia … dia harus diberi hukuman yang setimpal!”
“Hamba tau ini pasti perbuatan Ibrahim!”kata seorang penduduk.
“Panggil dia sekarang juga!”
Para pengawal kerajaan diikuti beberapa penduduk mendatangi rumah Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู    . Derap langkah mereka terdengar riuh. Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู   pun diseret dan diarak keliling kota. Beliau lalu dibawa ke tempat terbuka.
“Ibrahim, apa betul kamu yang telah menghancurkan tuhan-tuhan kami?” tanya seorang hakim beberapa saat kemudian.
Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู   tersenyum tenang, “Bukan,” jawabnya singkat, “coba lihat, bukankah yang memegang kapak itu patung yang paling besar? Barangkali dia yang melakukannya,” lanjutnya.
“Mana mungkin?Dia tidak bisa melakukan apapun!” Kata hakim tegas.
Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู  tersenyum lagi, “Kalau tidak bisa melakukan apapun, mengapa kalian menyembahnya?” ujarnya pelan.
Semua orang terpana mendengar perkataan Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู   yang begitu pelan, tetapi amat mengagetkan.
“Mengapa kalian menyembah sesuatu yang tidak mendatangkan kebaikan? Mengapa kalian tidak juga menyadari kesalahan kalian?”
“Diam!” bentak Raja Namrud tidak tahan mendengar kalimat Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู .
 “Prajurit! sekarang juga kumpulkan kayu bakar untuk membakar Ibrahim!” Perintahnya kemudian.

Tidak berapa lama, kayu pun terkumpul dan membentuk perapian yang siap membakar Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู  
Begitu api berkobar, Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู   dilemparkan ke dalamnya, disaksikan hampir semua penduduk Negeri Babilonia. Pada saat itu pula, Allah berfirman, _”Hai api, menjadi dinginlah (kamu) dan berilah keselamatan bagi Ibrahim.”_ (QS Al Anbiya, 21:69).
 

📝Catatan tambahan📝 

*Ayah Nabi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู  ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู  *
Nโ€‹abi Ibrahim ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณูŽู„ุงูŽู…ู  dilahirkan di Irak (Kaldea). Ayahnya adalah seorang tukang kayu pembuat patung. Patung-patung itu dijual kepada masyarakat untuk disembah. Ketika remaja, Ibrahim sangat heran melihat patung buatan ayahnya disembah orang. Ayahnya sangat marah ketika Ibrahim menanyakan hal itu. Sebabnya sang ayah khawatir patung-patungnya tidak laku akibat ulah Ibrahim.
                           

🌴🐫 Kisah diambil dari : 

Buku  Muhammad Teladanku

MATERI  4 JILID 1. 🐫🌴

Leave a Reply